Rabu, 19 Januari 2011

Cara Berhenti Menyusui Anak

 Sudah satu minggu Adik saya Hilmy Agil Zhafran (1 tahun.10 bulan) berhenti menyusu sama mamanya.Kalau yang saya dengar bahwa batas  menyusu sama mamanya bagi setiap anak sampai umur 2 tahun atau 24 bulan.kebetulah adik saya ini umurnya sudah mendekati 2 tahun.Cuma kurang 2 bulan.


 Di tradisi orang Jawa menurut informasi dari papaku .Bahwa setiap anak yang akan berhenti dari menyusu kepada mamanya biasanya harus dengan di sapih/di putus/diberhentikan dengan paksa.Untuk menyapih anak biasanya orang tuanya mengunakan berbagai cara.Ada yang pergi ke dukun (Jawa: Suwuk).dan ada juga yang mengunakan barang / Makanan/tumbuhan yang bersifat pahit.Dan biasanya juga pada hari hari pertama si anak sering rewel pada siang atupun malam.lain dari kondisi biasanya.



Berbeda dengan adik saya ini.Adik saya tidak menyusu dengan keinginannya sendiri.Awal mula kejadiannya kalau saya tulis di sini sebagai berikut:
1.Sekitar satu bulan yang lalu, mama saya telephone sama kakek yang ada di kampung.Pesannya jika ada orang yang pergi ke bekasi,minta agar di bawakan buah Mahoni.Buah Mahoni terkenal dengan pahitnya.


2.Setelah dapat buah mahoninya.mama saya teledor meletakkan buah mahoni tersebut.mama saya meletakkan buah mahoni kiriman dari kakek di dekat rak televisi di ruang tengah.Ruang tengah Biasa untuk main adik saya baik pagi,siang ,sore atau malam.


3.Secara tidak sengaja,yang namanya anak kecil menemukan buah mahoni tersebut.Kemudian buah tersebut di gigit oleh adik saya.Tak hayal lagi adik saya menangis sejadi jadinya.Karena merasa kepahitan dan berteriak "paaait....maaa....pai...ttt sambil " sambil menangis.


4.Untuk memberhentikan tangisan dari adik saya itu maka mama saya menggendongnya dan kemudian memberikan pelayanan menyusui.Maka proses menyusui dan menyusu berlangsung seketika.Namun apa yang terjadi? Ternyata adikku masih nangis juga.Kata adik saya "ngak mau....nga mau mimik.!Mimik mama pahit.".ucapan itu di lontarkan adik saya sambil masih menangis.

5.Orang tua/ mama  saya mengambil kesempatan ini untuk tidak di sia-siakan.Setelah adik saya berhenti menangisnya.Diolesin sekalian bagian payudara mamaku dengan buah mahoni tersebut.Kemudian mama saya mencoba menawari si adik untuk Mimik/menyusu.Apa kata si adik saya? Jawabnya :" adk nggak mau mimik....mimik mama pahit".Sejak kejadian tersebut adik saya tidak mau lagi menyusu mama.Jadi adik saya berhenti menyusu secara tidak di paksa/kemauan sendiri.

Demikianlah cerita singkat adik saya berhenti menyusu.Bagi pembaca blog saya jika akan meniru kejadian di atas silahkan saja.Cuma mohon komentar di blog saya ini.Apa pendapat anda tentang cara memutus menyusui.apakah ada cara lain mberhenti menyusui anak? Please berbagi pengalaman.



Kata yang terkait dengan "Belajar" :
sekolah ,youtube ,budak sekolah ,sekolah menengah ,sekolah kebangsaan ,search ,school ,temples ,sahuagin ,pendidikan ,pelajar ,kuala lumpur ,kegiatan ,video games ,student ,sekolah menengah kebangsaan ,sekolah asrama ,schools ,pelajar sekolah ,mereka ,malaysia ,indonesia ,facebook ,download ,channel ,blogspot ,berani ,banyak ,anak sekolah ,aksi lucah ,school ,sekolah tinggi ,pendidikan ,download ,teknologi ,setiap hari ,penting ,lain yang ,komunitas sekolah ,kepala ,jakarta ,internet ,sekolah menengah ,sekolah indonesia ,sekolah dasar ,sangat ,pada tahun ,nasional ,mahasiswa ,kategori ,kampus ,institut teknologi bandung ,informasi ,direktori ,berita ,bahasa indonesia ,alumni ,agustus ,adalah ,kamus ,belajar

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
All Rights Reserved