Sabtu, 17 Juli 2010

Tips Belajar Yang Baik

  Sebagai pelajar sudah selayaknya harus belajar. belar tidak harus kalau ada PR saja dan waktunya malam hari.Kalau ingin pintar maka belajar itu syarat utama.Belajar kapanpun dan dimanapun terserah. Judulnya wajib belajar.Belajar ada banyak caranya.Misalnya membaca buku,bertanya kepada teman, atau bertanya kepada orang tua atau belajar sendiri/latihan.
Sebenarnya bertanya itu untuk mengetahui benar atau salah setelah kita belajar sendiri.Bertanya juga bisa disebakan karena benar benar tidak tahu.Semakin besar rasa ingin tahu maka semakin besar pula ilmu yang kita dapat.
  Berikut ini adalah tips untuk bisa belajar lebih baik.

1.Belajar dengan Berkelompok.Dengan berkelompok apalagi tempatnya di rumah, kesannya lebih santai.Kalau bisa saat belajar berkelompok mengajak teman yang pintar.Yang di bahas adalah persoalan yang sama sama tidak di ketahui oleh sesama teman bauk yang sudah di ajarkan oleh guru ataupun yang belum.
2.Membuat ringkasan dari sebuah materi pelajaran yang sudah di ajarkan ataupun yang belum diajarkan.Tapi ingat catatan ringkasan catatan tadi jangan di gunakan untuk media mencontek saat ulangan.Namun digunakan untuk menghafal dan mengingat ingat yang sudah di ajarkan.
3.Membuat perencanaan target yang Jelas.Sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kita. Misalnya saat ini kita di ranking urutan ke 9 dari semua murid di kelas.Jangan kita targetkan untuk ranking satu.Terlalu berat.Namun kita koreksi mata pelajaran apa yang paling lemah dan nilainya kurang.Kita berusaha mengejarnya agar ranking kita naik.
4.Disiplin Waktu dalam Belajar.Jadwal yang telah kita buat harus di tepati. konsentrasi penuh.Jika saatnya makan, sholat,mandi lakukanlah segera.selanjutnya teruskan belajarnya.Jika ada waktu bermain dan main game sebaiknya pilih game yang rasa penasarannya tinggi. jika bermain jangan terlalu lama dan rasa capek yang tinggi.Bermain dan main game bisa merusak konsentrasi belajar.
5.Aktif dalam bertanya dan ditanyai.Selalu pikirkan untuk bertanya saat di jelaskan sama guru.Dan mintalah kepada teman untuk bertanya.Dengan menjawab dari pertanyaan teman kita jadi lebih ingat jawabanya.
6.Pelajari kembali soal soal tes / ulangan yang salah jawab.Kita akan lebih ingat apa yang pernah salah dari pada yang benarnya.
7.Menghindari waktu belajar yang berlebihan.Seumpama kalau kita mau ujian /tes kebanyakan belajar sampai larut malam/begadang.Itu tidak efektif.Yang ada kita jadi stress.Ibarat Kopi mau di minum, malah di aduk jadi kotoran kopi ikut di minum.
8.Bersikap jujur dalam mengerjakan ulangan / test/ujian.Sifat jujur akan terbawa oleh kita seandainya menjadi pejabat kelak.Orang yang tidak jujur pada akhirnya akan membawa dampak kecurangan yang akan diketahu oleh guru ataupun teman kita.
Semoga tips belajar yang baik tadi di atas bermanfaat bagi kita semua.

Tulisan Terkait

-Hari Pertamakau Masuk Sekolah
-Siswa Kelas III SD Menulis untuk blog
-Kenaikan Kelas SDIT Al Manar Cibarusah
-Terukan Sekolahmu

Kata yang terkait dengan "Belajar" :
sekolah ,youtube ,budak sekolah ,sekolah menengah ,sekolah kebangsaan ,search ,school ,temples ,sahuagin ,pendidikan ,pelajar ,kuala lumpur ,kegiatan ,video games ,student ,sekolah menengah kebangsaan ,sekolah asrama ,schools ,pelajar sekolah ,mereka ,malaysia ,indonesia ,facebook ,download ,channel ,blogspot ,berani ,banyak ,anak sekolah ,aksi lucah ,school ,sekolah tinggi ,pendidikan ,download ,teknologi ,setiap hari ,penting ,lain yang ,komunitas sekolah ,kepala ,jakarta ,internet ,sekolah menengah ,sekolah indonesia ,sekolah dasar ,sangat ,pada tahun ,nasional ,mahasiswa ,kategori ,kampus ,institut teknologi bandung ,informasi ,direktori ,berita ,bahasa indonesia ,alumni ,agustus ,adalah ,kamus ,belajar

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
All Rights Reserved